Script PHP otomatis menangkap ukuran layar monitor

 


Gambar oleh 1117826 dari Pixabay


Pendahuluan

Layar monitor berperan penting dalam menampilkan sebuah output dari apa yang ditampilkan dalam sebuah program atau aplikasi. Kesesuaian dalam tampilan tersebut ternyata perlu mendapatkan perhatian khusus terlebih saat ini ukuran layar monitor beraneka ragam.

Dalam membuat program atau aplikasi khususnya website tentu responsive akan menjadi pilihan utama para developer dalam mengembangkan tampilan antar muka (user interface) agar user friendly atau mobile friendly yang artinya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tampilan layar yang digunakan oleh user.

Ada beberapa framework (kerangka kerja) yang dapat digunakan untuk mengotomasi mengenai tampilan ini salah satu contoh misalnya boostrap akan tetapi untuk ukurannya sudah di setting default max dan min nya ketika aplikasi dibuka pada sebuah layar.

Contoh Kasus

Lalu bagaimana caranya jika kita ingin aplikasi kita hanya bisa dibuka atau di sesuaikan dengan ukuran resolusi tertentu saja ? misalnya hanya bisa dibuka pada resolusi tampilan 1366 x 768 pixel. Nah untuk menyelesaikan kasus tersebut saya memiliki cara sendiri dengan menggunakan PHP untuk mengotomatisasi dan membaca ukuran layar monitor.

Penyelesaian

Berikut dibawah ini adalah source code PHP untuk menangkap otomatis ukuran layar monitor yang digunakan oleh user atau pengguna aplikasi kita :

<?php
   session_start();
	 // Script PHP untuk mengetahui Resolusi Layar Monitor
	if(!isset($_SESSION['lebarlayar'])){
        echo "<script language=\"JavaScript\">document.location=\"$PHP_SELF?r=1&width=\"+screen.width+\"&Height=\"+screen.height;</script>";
        if(isset($_GET['width']) && isset($_GET['Height'])){
            $_SESSION['lebarlayar'] = $_GET['width'];
            $_SESSION['tinggilayar'] = $_GET['Height'];
        }
   	  }
          // Menampilkan Ukuran Layar
   	  echo "Lebar :".$_SESSION['lebarlayar']."<br/>";
   	  echo "Tinggi :".$_SESSION['tinggilayar'];
 ?>

Penjelasan dari kode program diatas adalah memerintah javascript untuk mengambil ukuran layar monitor yang digunakan oleh user lalu menyimpannya dalam bentu Session di PHP dan ditampilkan hasil ukuran yang sudah ditangkap oleh variable $_SESSION diatas.

Hasil output dari script PHP diatas.
(Menangkap ukuran layar monitor)


Penutup

Sekian materi kali ini tentang script PHP yang dapat otomatis menangkap ukuran layar pada monitor user. Lebih jauh script PHP diatas bisa digunakan atau di kembangkan untuk program yang membutuhkan hasil resolusi yang sama pada setiap tampilan dari layar user misalnya untuk Aplikasi test mata atau buta warna untuk Psikotes online.

Semoga Bermanfaat. 

Berlangganan Artikel Kami

Mendukung Solusi IT untuk semua orang
Back to top