Mengatasi "error Trying to access array offset on value of type null" Pada Versi PHP. 5.6 dan PHP 7

 

Gambar Kode PHP
Gambar oleh Dok Sev dari Pixabay


Pendahuluan

Seperti yang tertulis pada judul yaitu Mengatasi "error Trying to access array offset on value of type null" Pada Versi PHP. 5.6 dan PHP 7.


Karakteristik Error ini biasanya terjadi dikarenakan isi data array dalam perulangan while( ) di PHP belum terdefinisikan secara utuh, Berikut contoh skrip perulangan while( ) yang sering digunakan untuk mengambil data array dari database.


1
2
3
4
5
6
while ($row=mysqli_fetch_array($data)){

echo $row['data1'];
echo $row['data2'];

}


Contoh Kasus

Seperti terlihat pada skrip PHP diatas bahwa isi data pada hasil array $row['data1'] sudah langsung di tampilkan padahal belum tentu $row['data1'] ini ada nilai atau value nya. Sehingga akan menimbulkan error Trying to access array offset on value of type null jika isi nilai dari hasil array tersebut mengandung nilai Null atau Kosong.


Penyelesaiannya

Cara Mengatasinya, Tentu dengan cara mendifinisikan terlebih dahulu dengan variable secara terpisah dan melakukan pengecekan isi nilai dengan fungsi Isset( ) seperti terlihat pada skrip PHP berikut dibawah ini :


while ($row=mysqli_fetch_array($data)){

// Cek Nilai Value dari $row['data1'];
$data1 = isset($row['data1']) ? $row['data1'] : '';

// Cek Nilai Value dari $row['data2'];
$data2 = isset($row['data2']) ? $row['data2'] : '';

echo $data1; //Tampilkan langsung variable $data1
echo $data2; //Tampilkan langsung variable $data1

}


Skrip PHP diatas menjelaskan bahwa sebelum isi nilai $row['data'] ditampilkan , dimasukkan kedalam variable $data dengan isi nya dilakukan pengecekan menggunakan fungsi Isset( ) dan tanda tanya ? dalam skrip tersebut menunjukan nilai True di sebelah kanan nya. Solusi tersebut dapat berlaku pada versi PHP 5.6 dan juga versi PHP 7.0 atau diatasnya.


Demikian artikel ini untuk Cara Mengatasi "error Trying to access array offset on value of type null" Pada Versi PHP. 5.6 dan PHP 7. Tentu artikel ini masih jauh dari kata sempurna, Mohon masukkannya dan Silahkan jika anda ingin berkomentar dibawah ini.


Lihat juga penyelesaian kasus ini melalui video youtube di channel kami dibawah ini :




Berlangganan Artikel Kami

Mendukung Solusi IT untuk semua orang
Back to top